Apabila di
kala saya menjadi sukses, saya akan mengatur waktu saya dengan cara :
1) Mengatur
aktivitas
Meng-evaluasi
kembali aktivitas-aktivitas yang biasa dilakukan selama ini. Dari sekian banyak
aktivitas yang ada, saya memilih mana yang perlu dilakukan, dan tidak, hingga
aktivitas-aktivitas yang lebih baik dilakukan diwaktu luang.
2)
Menentukan prioritas
Setelah
seleksi aktivitas, terkadang terdapat dorongan untuk melakukan banyak hal lain,
misalnya: olahraga, kumpul dengan teman-teman, ikut organisasi atau
pelayanan, dan sebagainya. Jika melakukan semuanya, mungkin hasilnya tidak
optimal, dan bisa jadi yang terpenting justru terabaikan.
3)
Menentukan aktivitas-aktivitas yang harus mendapat prioritas utama, dan
aktivitas-aktivitas yang boleh saya lakukan, namun pada porsi yang tepat,
adalah cara efektif dalam membuat rencana.
4) Membuat
rencana yang realistis
Jika telah
terdapat target yang realistis, maka saya juga perlu membuat rencana yang
realistis.
5)
Melaksanakan rencana secara fleksibel
Terkadang
rencana yang tersusun terganggu oleh hal-hal yang tidak terduga. Hal ini perlu
diwaspadai, bukan dengan mengubah rencana karena hal-hal yang lain. Jikalau ada
kegiatan di luar rencana yang harus dilakukan, maka saya mengatur waktu sehingga hal
yang penting tetap dapat saya laksanakan.
6) Membuat
agenda harian
Mempunyai jadwal
kegiatan harian akan sangat membantu untuk memanajemen waktu yang dimiliki,
namun tidak semua orang membuat secara detil. Target jangka panjang akan
tercapai jika kita mampu mendisiplin diri untuk menyelesaikan target-target
harian.
Sumber:
http://makalahpsikologi.blogspot.com/2011/10/manajemen-waktu-dan-penyelesaian-tugas.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar