Psikologi Manajemen
Pengertian
Manajemen:
Manajemen adalah
proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha
para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar
mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Stoner). Manajemen merupakan ilmu dan
seni.
Ada 4 fungsi
utama dalam manajemen:
- Perencanaan(Planning)
-
Pengorganisasian (Organizing)
- Pengarahan
(Actuating/Directing)
- Pengawasan
(Controlling)
Apa itu Psikologi
Manajemen?
Psikologi
manajemen adalah suatu studi tentang tingkah laku manusia yang terlibat dalam
proses manajemen dalam rangka melaksanakan funsi-fungsi manajemen untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Kaitannya dengan psikologi:
Dengan ditemukan dan
dikembangkannya ilmu psikologi, diketahui bahwa unsur SDM ternyata merupakan
yang terpenting dari ketiga modal kerja perusahaan manapun.
Pasalnya, ilmu
psikologi yg memang berpusat pada manusia, mampu mengintervensi berbagai faktor
internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan, dsb dengan
berbagai macam teknik dan metode, sehingga bisa dicapai kinerja SDM yang
setinggi-tingginya untuk produktivitas perusahaan.
Organisasi
Apa itu organisasi?
Organisasi merupakan
sekumpulan orang atau sekelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya
untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerjasama.
-
Dalam arti Statis
(diam)
Merupakan
wadah atau tempat kegiatan administrasi dan manajemen berlangsung, dengan
gambaran yang jelas tentang saluran hirarki daripada kedudukan, jabatan
wewenag, dan garis komando dan tanggung jawab.
-
Dalam arti Dinamis
(bergerak)
Merupakan
proses kerjasama antara orang-orang yang tergabung dalam suatau wadah tertentu
umtuk mencapai tujuan bersama seperti yang telah ditetapkan secara bersama
pula.
Komunikasi
a. Definisi Komunikasi:
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak
lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat
dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat
dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan
gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum,
menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi
nonverbal.
b. Dimensi-dimensi komunikasi: memahami dan menjelaskan
dimensi-dimensi komunikasi
yang meliputi :
· Isi : yang dimaksud dengan isi adalah
apa yang dibicarakan dalam komunikasi antara satu orang dengan orang yang lain
atau bahkan lebih
· Kebisingan : tinggi rendahnya
suara yang terdengar dalam melakukan komunikasi
· Jaringan : sampai sejauh mana
seseorang meluaskan jangkauan informasinya dalam melakukkan komunikasi
diantaranya ada komunikasi yang bergantung pada (jaringan satelit)
· Arah : komunikasi satu arah
yang hanya ada satu orang berbicara menyampaikan infomasi untuk satu orang atau
lebih contohnya promosi produk tertentu atau guru dikelas. Komunikasi 2 arah
adalah adanya interaksi antara satu orang menyampaikan informasi satu orang
atau lebih juga ikut berbicara sehingga terciptanya interaksi tiktok untuk
menyampaikan beberapa informasi.
Sumber:
- Ernie dan
Kurniawan Saeful. (2005). Psikologi manajemen. Jakarta: Prenada Media Group
- Ruben
Brent D dan Lea P Stewart. (2006). Komunikasi dan perilaku manusia. Jakarta : Rajawali Pers.
- Hasibuan, Malayu S.P.(2007). Manajemen dasar, pengertian, dan masalah, Jakarta : Bumi Aksara.
- Wiryanto, Dr. (2004). Pengantar ilmu
komunikasi. Jilid I. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar